September 09, 2012

Komponen Utama Otak

Tahun pertama kehidupan manusia adalah masa yang paling menentukan kecerdasan. Pada periode itu, otak dan sistem saraf tumbuh paling cepat dan ukuran otak telah berkembang menjadi tiga kali lipat pada saat bayi genap berusia satu tahun.

Khusus untuk menunjang perkembangan sistem saraf pada otak, bayi dan anak-anak membutuhkan zat gizi DHA dan LA. DHA (docosahexaenoic acid) dan LA (linoleic acid) merupakan prekusor dari AA (Arahidonic Acid). Keduanya dibutuhkan sebagai jenis lemak asam lemak tak jenuh ganda rantai panjang yang berfungsi sebagai komponen utama pembentukan membran sel otak.

Ahli Ilmu Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr Ir Deddy Muchtadi MS menjelaskan bahwa pertambahan sel neuron pada otak terbentuk sejak manusia masih berada dalam kandungan hingga usia tiga tahun. Sel neuron dalam otak berfungsi untuk menyimpan memori. "Kalau bayi kekurangan zat gizi DHA dan AA, maka sel neuron yang terbentuk juga sedikit sehingga kemampuan menyimpan data juga terbatas," kata Prof Deddy.

Komponen utama dari membran sel neuron yaitu lemak. Itulah sebabnya bayi perlu diberi asupan lemak dalam jumlah memadai, agar perkembangan otaknya maksimal. Namun, tidak semua jenis lemak memiliki manfaat ini. Yang terbaik adalah asam lemak tak jenuh rantai panjang bentuk DHA.

"DHA dan LA yang dipakai sebagai bahan untuk proses elongasi AA di otak dapat meningkatkan jumlah sel neuron sehingga meningkatkan kemampuan belajar. Anak juga akan lebih banyak menyimpan apa yang diajarkan kepada mereka," sebutnya.

Tentunya ASI tetaplah sumber DHA terbaik. Namun, jika bayi tidak dapat memperoleh ASI karena keadaan tertentu, maka bayi membutuhkan tambahan asupan DHA dari sumber lainnya. Yang dapat dipenuhi dengan pemberian susu formula yang mengandung DHA.

"Sebaiknya, pemenuhan DHA harus dilakukan sejak ibu hamil. Susu untuk ibu khusus sebaiknya mengandung DHA juga. Dari makanan sehari-hari, DHA bisa diperoleh dari ikan laut yang tidak melalui proses digoreng karena akan menghancurkan kandungan DHA. Adapun, untuk AA bisa diperoleh dari LA yang sebagian besar ada pada kacang-kacangan," papar Prof Deddy.
(tty)

0 komentar:

Posting Komentar

. .

Let's Playing Chess Genius !

ki-zers. Diberdayakan oleh Blogger.
 
Copyright (c) Ki-zers - Blogger Templates created by BTemplateBox.com - Css Themes by metamorphozis.com
A.C. Milan